Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Sunday, 19 November 2017

Source Code Sistem Pakar Perbaikan Motor Karburator dengan VB 2010

Salam sejaktera untuk kita semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan, kelancaran, keberkahan dan keselamatan didalam segala aktifitas kita oleh Allah SWT. Kembali lagi saya share - bagikan Full Source Code untuk Sistem Pakar perbaikan kendaraan ( Motor ), dimana program yang digunakan adalah VB 2010 dengan database Microsoft Access.

sistem pakar

Fasilitas yang diberikan oleh program ini adalah :

User - Pengguna Aplikasi, merupakan fasilitas untuk profil pengguna, manajemen user, password

Pakar, dimana fasilitas ini diberikan untuk mengisi Basis Pengetahuan, Jenis Keruksakan dan Solusi permasalahan

Diagnosa, merupakan fasilitas konsultasi keruksakan kendaraan ( motor) berikut solusinya.

Berikut beberapa screenshot ketika program Sistem Pakar Perbaikan Motor Karburator pada saat dijalankan :

sistem pakar
Gambar 1. Login Password

sistem pakar
Gambar 2. Verifikasi Lever User Sistem ( user : pakar password : 123 )

sistem pakar
Gambar 3. Menu Utama Sistem Pakar

sistem pakar
Gambar 4. Menu Pilihan utnk Pengguna Sistem

sistem pakar
Gambar 5. Menu Pilihan untuk user pakar ( memasukkan basis pengetahuan )

sistem pakar
Gambar 6. Menu Pilihan untuk Diagnosa Kerukasakan

sistem pakar
Gambar 7. Form Diagnosa untuk perbaikan kendaraan

sistem pakar
Gambar 8. Menu Diagnosa ketika dijalankan.

sistem pakar
Gambar 9. Diagnosa pertanyaan yang diajukan oleh sistem pakar

sistem pakar
Gambar 10. Diagnosa pertanyaan yang diajukan oleh sistem pakar

sistem pakar
Gambar 11. Hasil akhir dari dignosa yang dilakukan yaitu berupa kesimpulan kerusakan

sistem pakar
Gambar 12. Form untuk pengisian basis pengetahuan keruksakan

sistem pakar
Gambar 13. Form untuk pengisian jenis keruksanakan kendaraan

sistem pakar
Gambar 14. Form untuk mengisi solusi permasalaha keruksakan

sistem pakar
Gambar 15. Form untuk membuat level user dan password

Demikian beberapa screenshot source code sistem pakar untuk perbaikan motor karburator, semoga bisa membawa berkah dan bermanfaat untuk kita semua.

Download Full Source Code hanya disini 

Design by Deni Erpian

Terima kasih - Mr.Dicsr



Sekilas Teori tentang Sistem Pakar 

Sistem Pakar adalah suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian seorang pakar.Yang diperlukan untuk membangun sitem pakar adalah sejumlah pengetahuan dan suatu mekanisme untuk mengakses pengetahuan itu secara efisien (mekanisme inferensi) untuk memecahkan masalah.

Kelebihan Sistem Pakar

Increased Availability
Pengetahuan seorang pakar yang sudah diadaptasi kebentuk software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang tidak terbatas

Reduced cost
biaya memperbanyak software lebih murah dibanding menghadirkan atau melatih seorang pakar

Reduced danger
dapat digunakan pada keadaan dan atau lokasi yang membahayakan manusia

Permanence
software sistem pakar dapat digunakan kapan saja tanpa ada batas waktu

Multiple expertise
sistem pakar dapat dibuat dan digunakan secara simultan dengan penggabungan beberapa pengetahuan dari banyak pakar

Increased reliability
Sifat komputer yang pasti dan selalu benar selama masukan dan algoritma yang diberikan benar shg keluaran sistem pakar dapat menjadi penunjang keputusan yang dapat diterima

Explanation
Sistem pakar dibuat dengan mekanisme inferensi yang mengahasilkan suatu keluaran disertai penjelasan yang masuk akal, shg sistem pakar dapat juga digunakan untuk menjelaskan suatu teori atau keadaan tertentu

Fast Response

Kecepatan proses hardware komputer dapat terus ditingkatkan tanpa batas, shg kecepatan penyelesaian masalah dengan sistem pakar ikut meningkat.

Steady, unemotional, complete
komputer bekerja dalam keadaan yang relatif tetap setiap saat, keadaan yang sulit sekali dicapai oleh manusia

Intelligent tutor
sistem pakar dapat dijadikan sumber belajar yang baik bagi siswa dengan menjalankan kasus-kasus

Intelligent database
komputer tidak memiliki sifat lupa, sistem pakar akan memberikan informasi yang sesuai selama tersimpan dalam databasenya 

Beberapa kelemahan Sistem pakar diantaranya :
  • Daya kerja dan produktifitas manusia menjadi berkurang karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem
  • Pengembangan perangkat lunak sistem pakar lebih sulit dibandingkan perangkat lunak konvensional

Perbandingan Perangkat Lunak Konvensional dengan Perangkat Lunak Sistem Pakar

sistem pakar

Karakteristik Sistem Pakar

High Performance
Sistem pakar harus dapat bekerja pada level kompetensi yang sama atau lebih baik dari seorang pakar

Adequate response time
Sistem pakar harus dapat bekerja dan menghasilkan solusi atau kesimpulan lebih cepat dari pakar manusia

Good reliability
Sistem pakar harus dapat dipercaya dimana solusi yang dihasilkan tidak cenderung atau mengacu kepada satu hal atau keadaan tertentu saja

Understandable
Sistem pakar harus dapat menjelaskan setiap solusi yang dihasilkan sebagaimana juga seorang pakar dapat menjelaskan setiap kesimpulan yang dibuat, bukan black box system

Flexibility
Karena pengetahuan terus berkembang dan berubah, maka sebuah sistem pakar juga harus memiliki mekanisme untuk menambah, merubah dan memperbaharui pengetahuan yang ada di dalamnya.

Hipotesis
Sistem pakar dapat melakukan serangkaian hipotesa yang dapat dibandingkan dan tidak bertentangan dengan hipotesa dari seorang pakar dalam masalah yang nyata.

Pembagian Sistem Pakar berdasarkan kelas

Konfigurasi
Merakit komponen sistem dengan cara yang benar

Diagnosa
Menarik kesimpulan terhadap masalah yang dihadapi berdasarkan bukti-bukti yang diobservasi

Instruksi
Metode pengajaran yang cerdas sehingga siswa sbg user dapat melakukan tanya jawab dengan sistemmseolah berhadapan dengan pengajar atau seorang pakar

Interpretasi
Menjelaskan data-data yang diobservasi 

Monitoring
Membandingkan data yang diamati dengan data acuan yang diharapkan untuk memberi penilaian terhadap prestasi, kinerja atau masalah tertentu

Perencanaan
Merancang tindakan atau menentukan langkah yang harus diambil untuk mendapatkan hasil yang dikehendaki

Prognosis
Membuat perkiraan hasil dari data yang ada atau keadaan yang sudah atau sedang terjadi

Perbaikan
Menjelaskan tindakan yang berlaku atau yang valid untuk suatu masalah atau keadaan tertentu

Kontrol
mengatur proses yang berasal dari penggabungan kelas sistem pakar yang lain

Unsur Penting Pengembangan Sistem Pakar  Ada tiga unsur penting dalam pengembangan Sistem Pakar, yaitu :

sistem pakar

Struktur Bagan Sistem Pakar

sistem pakar



Komponen Sistem Pakar
  1. Komponen Sistem Pakar terdiri dari :
  2. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
  3. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
  4. Mekanisme Inferensi
  5. Fasilitas Belajar Mandiri
  6. Fasilitas Penjelasan Sistem
  7. Antarmuka Pemakai 

Fasilitas Akuisisi Pengetahuan
Merupakan suatu proses untuk mengumpulkan data-data pengetahuan tentang suatu masalah dari pakar.Bahan pengetahuan dapat diperoleh dengan berbagai cara, seperti dari buku, jurnal ilmiah, pakar di bidangnya, laporan, literatur dsb. Sumber pengetahuan tsb dijadikan dokumentasi untuk dipelajari, diolah dan diorganisir secara terstruktur menjadi basis pengetahuan.

Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
Ada beberapa cara merepresentasikan data menjadi basis pengetahuan, seperti dalam bentuk atribut, aturan-aturan, jaringan semantik, frame dan logika. Semua bentuk representasi data tsb bertujuan untuk menyederhanakan data sehingga mudah dimengerti dan mengefektifkan proses pengembangan program.

Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana untuk mengembangkan tabel-tabel penyimpanan data yang terangkum dalam sebuah database.

Mekanisme Inferensi
Adalah bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi daftar aturan berdasarkan urutan dan pola tertentu. Selama proses konsultasi antara sistem dan pemakai, mekanisme inferensi menguji aturan satu persatu sampai kondisi aturan itu benar.

Secara umum ada dua teknik utama yang digunakan dalam mekanisme inferensi untuk pengujian aturan, yaitu penalaran maju (forward reasoning) dan penalaran mundur (reverse reasoning)

Fasilitas Belajar Mandiri
Fasilitas ini memungkinkan sistem untuk mengembangkan dirinya sendiri dengan memilah atau mengelompokan kembali fakta yang sudah ada, memasukkan fakta-fakta baru kedalam basis pengetahuan yang merupakan hasil penurunan (iterasi) dari fakta-fakta sebelumnya dan dapat mengembalikan fakta ke pada mekanisme inferensi sehingga dapat dimintakan fakta lainnya dari pemakai melalui antarmuka pemakai

Fasilitas Penjelasan Sistem
Merupakan bagian komponen sistem pakar yang memberikan penjelasan tentang bagaimana program dijalankan, apa yang harus dijelaskan kepada pemakai tentang suatu masalah, memberikan rekomendasi kepada pemakai, mengakomodasi kesalahan pemakai dan menjelaskan bagaimana suatu masalah terjadi.

Dalam sistem pakar, fasilitas penjelasan sistem sebaiknya diintegrasikan ke dalam tabel basis pengetahuan dan basis aturan karena hal ini lebih memudahkan perancangan sistem

Antarmuka Pemakai
Komponen ini memberikan fasilitas komunikasi antara pemakai dan sistem, memberikan berbagai fasilitas informasi dan berbagai keterangan yang bertujuan untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan solusi.

Syarat utama membangun antarmuka pemakai adalah kemudahan dalam menjalankan sistem, tampilan yang interaktif, komunikatif dan mudah bagi pemakai


Referensi:

  • H.S, Suryadi. Seri Diktat Kuliah: Pengantar Sistem Pakar.Penerbit Gunadarma. Jakarta. 1994.
  • Arhami, Muhammad. Konsep Dasar Sistem Pakar. Andi.Yogyakarta. 2005.
  • Kusrini. Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi. Penerbit Andi.Yogyakarta. 2006.
  • Fausett, Laurene V. (1993). Fundamentals of Neural Network: Architectures

sistem pakar


2 comments: