Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 25 April 2016

CAI ( Computer Assited Instruction) Mengenal Objek dengan Delphi




source code,cai,pendidikan,instruktur,gratis,full

Source code program CAI ( Computer Assited Instruction) animasi, merupakan salah satu bidang didalam Teknologi Informasi mengenai instruktur atau pembelajaran. Biasanya disamping pembelajaran ada evaluasi atau latihan sebelum melanjutkan ke materi pembelajaran berikutnya.

Fasilitas yang diberikan oleh program ini :
  • Mengenal Huruf atau Abjad
  • Mengenal Benda atau Objek
  • Mendengar dan Menulis
  • Latihan
  • Level (mudah, sedang dan Mahir )
  • Isi Data Soal Latihan
Soal latihan bisa kita rubah, sehingga lebih interaktif. Program ini menggunakan Delphi dengan database Paradox. Berikut beberapa screenshot atau tampilan program pada saat dijalankan. Semoga bisa membawa berkah untuk kita semua. Aaamiiin

Sekilas Teori Tentang CAI

Sejarah Singkat CAI (Computer Aided Instruction)

Computer Aided Instruction (CAI) mulai diperkenalkan pada tahun 1960-an. CAI diperkenalkan pertama kali di University of Illinois melalui metode sistem PLATO (Program Logic Automated Machine) yang berkembang di  universitas dan sekolah di Amerika Serikat. Pada awalnya karena keterbatasan teknologi, bentuk CAI masih sangat sederhana dan kurang berhasil menarik dunia pendidikan untuk memanfaatkannya. Pada perkembangan selanjutnya banyak aplikasi CAI yang disempurnakan dan dianggap baik untuk diterapkan di sekolah-sekolah karena kemajuan perangkat lunak dan teknologi komputer yang terus berkembang. Salah satu sistem CAI yang terkenal di Amerika Serikat pada pertengahan tahun delapan puluh-an adalah PLATO. 

Penggunaan komputer di Amerika Serikat tersebut diikuti oleh negara-negara lainnya yang memang memiliki teknologi komputer sejajar dengan Amerika seperti Inggris, Jepang. Mereka berusaha menerapkan penggunaan CAI di lokasi-lokasi yang dianggap membutuhkan CAI dalam menunjang proses belajar mengajar. Pada perkembangan selanjutnya pengguna CAI dalam dunia pendidikan mulai meluas ke negara-negara berkembang seperti Indonesia. Metode CAI diharapkan mampu membantu fungsi pengajar dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa, diharapkan mendukung fungsi buku dalam menyampaikan suatu materi kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat belajar sendiri tanpa bantuan dari pengajar.

Definisi Computer Aided Instruction

CAI adalah singkatan dari Computer Aided Instructions yang artinya adalah sistem komputer yang dapat menyampaikan pengajaran secara langsung kepada penerima informasi melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang telah diprogramkan. Komputer sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran/ informasi, petunjuk dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang ada juga sekaligus sebagai penilai.

CAI (Computer Aided Instructions) adalah tipe CBI (Computer Managed Instruction) yang  dapat digunakan sendiri atau digunakan bersama dengan sistem instruksional lain. CAI dapat digunakan sebagai pemandu simulator instruksi atau dapat dipakai sebagai komponen dalam sistem CMI. Material instruksi CAI sesungguhnya, disebut courseware, dapat macam-macam bentuknya. Courseware disini adalah special purpose software yang dibuat untuk menyediakan interaksi instruksional (PL yang digunakan dalam mendukung CAI). Contoh sistem CAI adalah PLATO (Programmed Logic for Automated Teaching Operations).

Umum

Usia anak ketika memasuki tiga sampai enam tahun merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan potensi dan kecerdasan anak, dimana anak mulai diperkenalkan dengan dunia pendidikan dan belajar dengan hal-hal baru disekitarnya. Lembaga-lembaga pendidikan awal untuk anak contohnya seperti TK dan PAUD merupakan lembaga pendidikan prasekolah yang mempersiapkan anak sebelum memasuki pendidikan formal.

Lembaga pendidikan seperti TK dan PAUD merupakan pendidikan awal yang membantu mengarahkan dan mengembangkan potensi anak di usia dini, pengembangan potensi anak usia dini yang dilakukan secara terarah dapat berdampak baik untuk kehidupan di masa depannya, sebaliknya pengembangan potensi anak yang dilakukan secara tidak terarah dan asal-asalan akan berdampak kurang baik untuk kehidupan anak di masa depannya.

Permasalahan

Ketika memasuki dunia pendidikan, seorang anak akan membawa pengetahuan yang telah dimilikinya terhadap pengalaman-pengalaman barunya. Jika pengalaman belajar tidak memberikan kesempatan untuk menciptakan pengetahuan baru maka pembelajaran itu akan membosankan sehingga anak akan cendrung kepada pemikiran bahwa belajar adalah suatu hal yang membosankan, ditambah dengan metode pembelajaran yang bersifat konvensional yang cendrung statis menjadikan anak kurang tertarik untuk belajar.

Seorang anak akan sulit memahami dan menerima pembelajaran apabila metode pembelajaran yang dilakukan tidak dapat menarik perhatian anak, anak akan cendrung malas untuk belajar di sekolah. dalam hal ini sangat diperlukan sekali adanya perhatian orangtua untuk membimbing anaknya belajar, namun dalam kenyataannya tidak semua orangtua mempunyai waktu luang untuk membimbing anaknya belajar di rumah.

Alternatif Permasalahan

Banyak hal yang dipelajari anak diantaranya seperti belajar mengenal huruf, mengenal angka dan nama-nama objek disekitar yang biasanya disampaikan masih dengan metode pembelajaran yang statis yang cendrung kurang disukai anak sehingga anak menjadi malas untuk mempelajarinya. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu cara baru dalam penyampain materi pembelajaran kepada anak yang dapat menumbuhkan minat serta rasa ketertarikan anak untuk belajar, misalnya materi pembelajaran disampaikan dalam bentuk game.

Game komputer untuk pembelajaran banyak disajikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah dalam bentuk CAI (Computer Aided Instructions) yang artinya adalah sistem komputer yang dapat menyampaikan pengajaran secara langsung kepada penerima informasi melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang telah diprogramkan. Komputer sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran atau informasi, petunjuk dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang ada juga sekaligus sebagai penilai. Dengan menggunakan komputer diharapkan anak lebih berminat dan menyukai  materi yang diajarkan dalam CAI tersebut. anak diberi peluang untuk belajar secara interaktif dengan komputer dan tidak membebankan, disamping itu CAI membimbing anak untuk belajar mandiri di sekolah maupun di rumah karna tidak setiap orang tua mempunyai waktu untuk mengawasi dan membimbing anak untuk belajar di rumah.

source code,cai,pendidikan,instruktur,gratis,full,permainan,game

Gambar1. Menu Utama
source code,cai,pendidikan,instruktur,gratis,full,permainan,game
Gambar2. Form Pembelajaran

source code,cai,pendidikan,instruktur,gratis,full,permainan,game
Gambar3. Form Latihan Soal

source code,cai,pendidikan,instruktur,gratis,full,permainan,game
Gambar4. Form Mengisi Soal Latihan

Demikian Screenshot dari program CAI tentang pembelajaran Objek, silahkan apa ada pertanyaan seperti biasa di kolom komentar..ya..jangan lupa...

Download Full Source Code disini 

Design by Teguh, Mr.Dicsr


source code



No comments:

Post a Comment