Source Code

WEB, DESKTOP, MOBILE, Mata Kuliah, Ebook, Artikel, Jurnal Teknologi Informasi, Inspirasi , Motivasi, Literasi, Seputar Islam dan Cerita Lucu

Gambar Koala

Monday 25 April 2016

Jendela Islam "Perumpamaan Minuman Penghuni Neraka"

Seperti Besi yang Mendidih

UNTUK memberi peringatan kepada orang-orang kafir, ahli ma’siat dan orang-orang yang tidak mempercayai adanya kehidupan akhirat, maka Al-Qur’an mengilustrasikan berbagai bentuk siksaan bagi penghuni neraka. 

Hal ini penting sekali agar manusia lebih berhati-hati dalam menapaki jalan hidupnya di duni ini, tidak berma’siat dan mendurhaki Allah. Sebab konsekuensi yang akan ia terima di akhirat lebih berat jika ia mengabaiakn perintah Allah dan menerjang larangan-Nya.

Adapun bentuk siksaan neraka yang tidak kalah pedihnya dengan siksaan yang lain adalah mengenai minuman. Minuman penghuni neraka sangat panas dan mendidih, tidak bisa diukur ke tinggian suhunya karena panasnya yang luar biasa Sampai Al-Qur’an menganalogikan panasnya minuman ahli neraka seperti besi yang dipanaskan hingga mendidih. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Kahfi :

… Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang mengahungaskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (QS.al_Kahfi : 29).

Dalam Tafsir Jalalain disebutkan bahwa kalimat “Kalmuhli” maksudnya seperti endapan minyak. Sedangkan dalam Tafsir Shawy dijelaskan, bahwa yang dimaksudkan dengan endapan minyak adalah nama untuk sesuatu yang tetap tinggal di dalam bejana setelah minyaknya diambil bersih.

Adapun kalimat “Suraadiquha” adalah kinayah dari ilustrasi neraka, dimana tanahnya berupa timah (yang mendidih), dindindnya berupa tembaga (yang panas membara), atapnya berupa belerang, sedangkan bahan bakar untuk menyalakan api neraka adalah manusia dan batu. Ketika neraka sudah dinyalakan maka terbakarlah seluruh apa yang ada didalamnya. Semoga dengan karunia dan kasih saying-Nya, Allah menyelamatkan kita dari jilatan api neraka.



Bisa dibayangkan kalau meminumnya saja seperti apa besi yang sedang mendidih, apabila bentuk siksaan yang lain. Terntunya akan jauh lebih mengerikan. Oleh karena itu kita haru senantiasa memohon pertolongan Allah dengan tekun beribadah, bertaubat, berdoa, menjalankan perintah-perintah-Nya serta memenuhi segala larangan-Nya, agar kelask dijauhkan dari siksa api neraka.

Semoga kita termasuk orang yang beruntung dan diridhai oleh Allah SWT.Aaamiiin

No comments:

Post a Comment